6 Mei 2012

Semangat!

[Assalamu'alaikum]
224265256414056171_yoizuyzf_f_large
Halo everybadeh c: tahu kan hari Senin tanggal 7 Mei besok ada apa? Hayo, tahu nggak ada apa? Yup, Ujian Nasional Sekolah Dasar. Wow, nggak nyangka udah sedeket ini... :B BESOK. Aku sebenernya juga kelas 6, tapi karena berbeda negara mungkin juga pengaruh kali? (P/s: aku udah selesai UN beberapa minggu yang lalu). Sekarang, kita masih latihan untuk wisuda padahal belum aja Ujian Sekolah-_- Pokoknya semangat buat semua temen-temen di kelas 6 di SD Muhammadiyah Condong Catur Jogjakarta.

Anyway, aku punya tips untuk menghadapi ujian nih, lihat yaa... :)

1. Bikin Flash Card
Coba deh tulis semua pelajaran yang sudah kita pelajari di kertas kecil, tapi bukan contekan, lho~ karena, menulis bisa membantu kita mengingat materi, jadi seperti belajar dua kali. Juga bisa memudahkan kita waktu lagi pengen belajar di materi pelajaran bagian apa, bab apa, dan kapanpun. gunakan bahasa sendiri & tulis bagian terpenting aja. Ntar kan ngabisin tinta kalau nulis semuanya 2 kali-_- Boleh juga memakai tinta warna-warni biar gak cepet bosan dan biar menarik (kayak anak kecil-_-)
Semakin banyak mengulang, semakin banyak yang diingat.
2. Beri Tanda/Gambar di Setiap Rumus
Kita boleh banget menggunakan berbagai macam spidol warna-warni untuk mengingat rumus! kita juga bisa menambahkan berbagai gambar lucu untuk membantu otak mengingat~

3. Best Place
Ketika ingin belajar, lakukan di tempat-tempat yang paling nyaman! Sehingga proses mengingat suatu materi jadi bisa lebih terbantu...

4. Makan Makanan Bergizi
Kita boleh banget makan buah-buahan seperti alpukat. karena alpukat mengandung lemak yang paling baik untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. kalau peredaran darah lancar, berarti asupan oksigen ke otak uga lancar. jadi lebih gampang konsentrasi deh... ^^. Kita juga boleh banget makan ikan salmon karena bisa meningkatkan mood dan mengurangi kecenderungan seseorang enjadi depresi, gelisah, atau malah hiperaktif, Berries seperti blueberry atau strawberry karena mencegah KEPIKUNANDark Chocolate karena bisa bikin kita lebih fokus kacang-kacangan karena vit. E yang terkandung dalam kacang-kacangan berpengaruh banyak bagi fungsi kognitif otak kita.

5. Tanya
Tanyakanlah soal-soal sulit yang kamu nggak ngerti pada gurumu sebelum ujian dimulai. Karena itu akan sangat membantu kita, coba aja kalau orang tua kamu nggak ngerti tentang pelajaran itu, apa yang akan kamu lakukan?

6.PD
Saat ujian, kita harus punya confidence dan nggak takut salah menjawab pertanyaan. Jangan jadi terlalu insecure, karena kalau kita gelisah, ingatan yang sudah kita simpan di otak akan... PETT! Ilang...

7. SKS? No Way!
Jangan pernah melakukan SKS atau Sistem Kebut Semalam. Sebisa mungkin kita harus mengulang materi minimal seminggu sebelumnya sebelum hari H. Sehingga sewaktu hari ujian mental dan materi kita udah siap! :)

8. Pray

Jangan lupa berdo'a menjelang ujian. Itu membuat hati kita lebih tenang dan tentram. Jangan lupa kalau Tuhan akan selalu menolongmu kalau kamu sudah ke titik maksimal :) 
Do your best, good luck and never cheat your self. Kamu pasti lulus kok :) AMIN.
Bye~

8 komentar:

Nabila Ika Ramadhani mengatakan...

Semangat ujian! >_<

Himmi ! mengatakan...

hayuk dek..
doa biar kita sama" lulus,
eheheh -___-

adele mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sandika Sasmito mengatakan...

Dan sekarang selesailah sudah UNSD-nya

Sintya Swasthi mengatakan...

@Nabila Ika Ramadhani

Makasih :D

Sintya Swasthi mengatakan...

@Himi^^

Ayoooook xD

Sintya Swasthi mengatakan...

@Adhella Subalie

Si unyu penggemar dark chocolate? Aduh kyaa *loh?* xD

Sintya Swasthi mengatakan...

@Sandika Sasmita

Semoga dapet NEM bagus ya, San. #AMIN